Penyebab Kamu Akan Gagal Di YouTube Tahun 2021

Penyebab Kamu Akan Gagal Di YouTube Tahun 2021

 Penyebab Kamu Akan Gagal Di YouTube Tahun 2021

Penyebab Kamu Akan Gagal Di YouTube Tahun 2021

Penyebab Kamu Akan Gagal Di YouTube Tahun 2021

Hari, ini kita ketemu lagi di hari yang mungkin agak sedikit, biasa sih ya karena di topik konten artikel kali ini kita akan membahas mengenai hal-hal yang dimana agak sedikit engak enak sih di telinga kita apakah itu? Ya di konten artikel kali ini kita akan membahas Penyebab Kamu Akan Gagal Di YouTube Tahun 2021.

Hal, tersebut kami akan bahas sebagai berikut ini, kami sarankan buat kalian untuk membaca artikel kami sampai akhir ya teman agar nanti, kalian bisa mendapatkan informasi dan referensi tentang hal yang kami bahas kali ini agar kalian bisa lebih faham lagi tentang dunia internet.

Penyebab Kamu Akan Gagal Di YouTube Tahun 2021

Halo YouTubers!
Kali ini saya mau curhat aja sih tentang hal paling berat yang sering dihadapi oleh YouTuber pemula,
termasuk saya sendiri
Setelah hampir 2 tahun saya membuat channel ini, tentunya banyak hal telah saya alami
Saya akan ceritakan perjuangan apa saja yang menurut saya berat,
yang untuk sebagian orang menjadi penyebab utama mereka hengkang dari YouTube dan menyerah
Simak terus
Saya membuat channel ini dari nol, dari nggak dikenal dan nggak punya subscriber sama sekali
Modal saya waktu itu adalah pengetahuan saya mengenai dunia YouTube dan dunia videografi
yang merupakaan passion atau kesukaan saya
Yang akan saya ceritakan ini nanti semoga bisa membuat kalian bersiap dan mendapat jalan keluar
saat menghadapi masalah yang saya alami selama menjadi konten kreator di YouTube
••
Hal pertama yang menurut saya paling berat adalah WAKTU
Saya beberapa kali membuat polling, ngobrol dengan banyak YouTuber
Nggak punya waktu untuk membuat video
Padahal, ini adalah salah satu aspek besar yang membuat banyak sekali YouTuber gagal
Kalian harus punya waktu kalau mau sukses di YouTube
Saya pernah menyampaikan bahwa kualitas sangat penting
Lebih baik membuat video yang berkualitas daripada mengejar kuantitas
Tapi di sisi lain, algoritma YouTube menuntut kita konsisten untuk bisa upload video secara rutin
Kalau kalian amati channel-channel video yang udah gede, katakanlah di atas 100ribu subscriber,
jumlah video yang diupload sangat banyak, rata-rata di atas 200 sampai 800an video
Untuk channel di atas 1 juta subscriber, rata-rata bisa sampai 3ribuan video
Artinya apa, kita nggak bisa hanya mengandalkan kualitas tapi kuantitas juga harus dijaga
Punya waktu itu sangat penting kalau mau channelmu berkembang
Butuh waktu yang banyak dan nggak sebentar untuk bisa sukses di YouTube
Saat ini, saya sudah membuat sekitar 190an video,
kalau dipikir-pikir lagi, sudah berapa waktu dan tenaga yang saya habiskan
Saya harus upload sekitar 50an video untuk mendapatkan 1000 subscriber pertama
Itu saja dalam waktu 4 bulan, lumayan banyak kan
Butuh waktu setengah tahun untuk bisa dimonetize
Saat itu, saya benar-benar meluangkan waktu dan tenaga untuk mengembangkan channel ini
Saya termasuk beruntung karena ada kalian yang mau nonton dan mau subscribe channel ini
Hasil kerja keras saya ini, dalam meluangkan waktu terutama, sepertinya berhasil mem-branding channel ini
Bisa memberi manfaat dan bisa diterima oleh penonton
Dalam waktu 10 bulan, saya bisa mendapatkan 100ribu subscriber
Ini di luar ekspektasi saya
Karena saya sebenarnya hanya menargetkan 10ribu subsriber di tahun pertama
Tidak hanya itu, hasil kerja keras saya bahkan dilirik oleh YouTube sendiri
Saya diajak masuk program Kontributor sampai diundang ke Londong untuk ketemu mereka
Siapa yang nyangka
Saya hanya mencoba fokus dan serius saat mengembangkan channel ini
karena saya tidak ingin menyia-nyiakan waktu yang saya luangkan tadi
Jadi, apakah di tahun ini, kalian punya cukup waktu untuk membuat video, terutama video yang bagus?
Video yang diharapkan oleh penonton dan subscribermu?
Kalau nggak ada waktu dan kalian nggak bisa mengusahakan itu,
jangan terlalu berharap tahun ini bisa sukses di YouTube
Kamu harus bisa mengatur jadwal untuk riset topik, shooting, editing dan mengelola channel
Mau weekend, malam hari, pulang kerja, pulang sekolah, pulang kuliah harus bisa bikin jadwalnya
Video-video saya banyak yang menampilkan muka saya sembab, mata menghitam karena
sering kali saya hanya bisa shooting di malam hari jam 1 malam, jam 2 malam
Siang hari saya mesti mengerjakan yang lain, weekend saya ternak teri, dll.
Pokoknya luangkan waktu, buat prioritas untuk ngurusin YouTube
Jangan ngaku-ngaku nggak punya waktu tapi sehari-hari kerjaannya ghibah mulu, nggak prioritasin channelmu
••
Masalah terbesar nomor 2 yang akan bikin kamu gagal adalah masalah UANG
Yang bilang jadi YouTuber nggak butuh modal sini tak tabokin mukanya
Yang paling gampang saja deh, berapa nilai alat yang kamu pegang sekarang
Mau HP kentang, clip on 50ribuan tetap aja itu ada harganya
Belum lagi kuota, pengeluaran saat shooting, editing
Yang punya duit mah enak ya, butuh kamera tinggal minta papa, tinggal minta mama
Lha, kaya kita yang kutu kupret ini gimana, mau upload video saja mesti nunggu paket malam
Waktu dan uang itu bergandengan tangan
Buat kalian yang harus kerja untuk mencari nafkah di siang hari,
harus pintar-pintar menyisihkan penghasilan untuk modal jadi YouTuber
Seperti yang saya bilang tadi, kita nggak bisa cepat dapat duit dari YouTube
Sudah di-monetize nih, lalu penghasilanmu berapa? Nutup nggak kira-kira buat modalin bikin video?
Ini realita, punya kreatifitas, punya keahlian, tapi nggak ada waktu dan uang agak susah bertahan di YouTube
Kalian harus pintar-pintar mengakali hal ini, bagaimana mengatasi masalah waktu dan uang
Nggak punya kuota, nyari Wi-Fi gratisan ke warung kopi kek, ke rumah temanmu yang ada Wi-Fi,
pakai Wi-Fi kantor, sekolahan, manfaatkan yang ada
Punya HP seadanya ya berangkat saja, kalian nggak perlu segala macam peralatan kebanyakan gaya
Kaya gini bisa bikin konten di YouTube
••
Ini yang sering dijadiin masalah no 3, TIDAK PUNYA ALAT
YouTuber modal HP yang sebulan bisa puluhan juta penghasilannya banyak
mengalahkan yang pakai peralatan lengkap dan mahal dari awal
Kalian bisa mulai upgrade alat sekiranya nanti sudah mampu beli
Penonton masih bisa memaklumi kualitas gambar, suara, editan
selama channelmu menarik dan dipersiapkan dengan baik
Fokus saja dulu di masalah ini
Kalau kamu bisa mengatasi dua hal ini, kamu bisa menyeimbangkan antara kualitas dan kuantitas
Bisa rutin produksi karena bisa mengatur waktu,
sekaligus punya konten yang berkualitas karena kamu pikirin dari awal
Pada akhirnya nanti, yang punya passion, yang punya semangat yang akan bisa bertahan hidup di YouTube
Yang cuma ngejar 1000 subscriber dan 4000jam tayang, yang akan mati duluan
••
MINDSET kalian yang akan menjadi masalah no 4
Kamu bikin channel YouTube itu buat apa? Mau ngapain?
Coba isi di komen saya pengen tahu mindset kalian semua buat apa bikin channel YouTube
Banyak sekali mindset atau cara berpikir yang menurut saya keliru
Saya bisa lihat hal itu di komentar channel ini, di group, dari inbox yang masuk
yang menunjukkan cara berpikir kalian
Dari uraian tadi bisa dibilang bahwa di YouTube itu butuh proses
Kalian yang nggak menyukai proses, dan hanya memikirkan hasil, yang pertama kali akan gagal
Karena yang hanya memikirkan hasil, biasanya akan mengandalkan segala cara
Sok-sokan merasa lebih pintar dari YouTube, pakai cara-cara yang nggak-nggak
Bawaannya mau ngakaliiiinn mulu
Pada akhirnya apa, channelnya masih gitu-gitu aja sedangkan orang lain udah ke mana-mana
Sudah menghasilkan, sudah berhasil karena mindsetnya benar
Nikmatin proses, terus belajar, terus perbaiki, terus tingkatin channelnya
Channel udah monetize tapi penghasilan menggenaskan karena yang nonton dikit,
ditonton sendiri pake VPN biar kesannya dapat viewer dari luar, kan bego
Orang nggak nonton, YouTube nggak kasih rekomendasi karena videonya nggak ada nilainya,
nggak ada valuenya, nggak ada manfaatnya, nggak jelas targetnya siapa, harusnya kan itu dulu dibenarin
Malah nyalahin SEO, nggak ada manfaatnya tuh, makan tuh optimasi, jangan peduliin, omong kosong
Pas dicek videonya, ditanamin kata kunci juga, gimana, ada yang kaya gitu? Ada
Ayo pada ngumpul, kita gantian nonton, hari ini yang upload si anu, besok si anu ada-ada saja dah
Yang ngajakin rusak kaya gitu nggak usah diikutin
Sayangi channelmu yang sudah kamu bikin dengan mengorbankan waktu dan biaya tadi
Saat kalian bikin video, hasil karyamu itu nanti akan ditonton orang,
kalian harus siap dengan respon mereka,
mau sambutannya bagus, ada haters, tukang bully, julid, nyinyir, harus siap dengan itu semua
Kalau mereka benar, ambil sebagai masukan
Kalau nggak benar ya itulah mereka
Masalahnya bukan di kamu tapi dari mereka sendiri
Jadi nggak usah baper, apalagi dijadiin penghambat
Akan ada banyak hal yang harus kita pelajari sampai kita punya skill dan keahlian dalam membuat video
Kalau kamu bingung dan ada masalah, semua informasi ada di luaran sana, ada di tanganmu bahkan
Usaha cari sampai ketemu jawabannya, jangan manja
Orang lain yang kamu tanya dan nggak ada jawabannya di situ, cari ke tempat lain
Jangan malah rewel tanpa mau usaha lebih keras lagi
"Pak mau tanya, empang deket sini di mana ya, saya mau mancing"
"Wah, kurang tau mas"
"Gimana sih saya kan dari jauh, sudah siapin umpan, mau bikin konten nih,
tar kalau nggak dapat ikan saya mau upload apaan"
akhirnya kamu gagal mancing beneran karena malah kelamaan protes, sudah kesorean,
umpannya basi karena bukannya nanya orang lain malah merajuk dan rewel
Yang akan rugi, ya kamu sendiri
Sekarang saya mau tanya nih, apakah kamu siap dan semangat terus maju menghadapi hal-hal tadi?
Pikirkan baik-baik karena itulah kunci awal kalau mau sukses di tahun ini
Tenang saja masih ada Simpatik Pedia di sini, yang akan setia menemani kalian baik yang gagal maupun berhasil
Oke, terus semangat ya
Semoga bermanfaat, sampai ketemu lagi
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Kamu Akan Gagal Di YouTube Tahun 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel